12.12.10

Dunia itu berputar

http://harnitalamanda.blogspot.com/2010/12/belajar-bersyukur-sama-keadaansama.html

Setelah beberapa kali gue baca blog diatas, akhirnya gue sadar. Gue termasuk salah satu orang yang gak bersyukur. Yang gak pernah berterima kasih, yang gak pernah mensyukuri keadaan. Disaat gue mau ini, gue dibeliin, tapi kalo ada brand lain, gue juga minta. Padahal fungsinya sama. Ya, gue orang yang kurang bersyukur sama apa yang gue punya. Sekarang, gue pengen cerita beberapa pengalaman disaat keluarga gue dibawah.
... 
Gue sekeluarga pernah ngalamin, pernah ngerasain sama yang namanya nasib waktu kita lagi dibawah. Iya. Rasanya gak enak. Bener-bener gak enak. Semua orang pasti pernah ngalamin sama kayak apa yang gue alamin. Pasti pernah. Gak pernah? Tanya orang tua lo. Waktu gue tau keadaan gue lagi dibawah emg gue gak pernah nerima. Gue mikir Tuhan gak adil sama kehidupan yang gue punya. Kehidupan gue sama kehidupan temen-temen gue berbeda. Gue mau kayak mereka. Gue-mau-kayak-mereka. Mereka yang beruntung. Mereka yang bisa dapetin apapun yang mereka mau. Ya, gue pernah mikir begitu.

Tapi setelah gue diceritain sama seseorang ttg hidup2 gt, gue akhirnya sadar. Gue kayak gini, masih beruntung. Masih punya tempat tinggal, masih punya kendaraan, dan yang terutama, masih punya orang tua. Setelah itu, gue bersyukur bgt masih punya itu semua. Sedangkan didunia luar? Banyak banget anak-anak yang kurang beruntung. Masih banyak anak-anak yang rela jadi pengemis, pengamen, demi kelangsungan hidupnya mereka. Mau makan aja susah, gue masih mending, makan masih 3 kali, mau makan apa tersedia. Mereka harus berjuang keras buat dapetin itu semua. Dan gue sadar, gue terpilih jadi salah satu orang yang gak ngerasain rasanya hidup dari mereka. Alhamdulilah.

Dan dari pelajaran itu, gue merubah semua pemikiran hidup gue. Gue rubah semuanya. Sampe akhirnya, gue dan keluarga bisa ngelewatin masa-masa 'kritis' itu dan bisa hidup seperti semula. Nyesek? Iya. Banget malah. Mulai dari situ, gue berusaha buat mensyukuri apa yang udah gue punya, apa yang udah gue raih, apa yang udah orang tua gue beri ke gue. Dan gue juga nyoba buat bantu mereka yang masih kurang mampu atau kurang beruntung diluar sana. Tapi, usaha juga. Jangan doa doang. Berdoa tanpa ada usaha dan kerja kerasnya mana bisa tercapai. Orang sinting doang yang mikir kayak gitu. Orang sinting doang yang mikir keajaiban akan datang dengan sendirinya. Karna Tuhan kasian sama orang itu. Gila.

Jangan pernah berfikir bahwa kehidupan lo akan selalu di atas, dunia lo akan selalu diatas, lo akan seneng-seneng terus sampe lo mati. Bukan hidup namanya kalo gak ada masalah. Hidup itu udah pasti ada susah-senengnya. Lo bakalan ngerasain itu, percaya sama gue. Yayaya lo bisa bilang, "Ah gue mah bakalan seneng trs. Gak bakal deh gue blablabla." Ya, mungkin sekarang lo bisa ngomong kayak gitu. Sekarang. Tapi mungkin nanti. Apa yang akan lo alamin dimasa depan itu blm ada yang tau. Lo sekalipun. Cuma Tuhan yang tau, Tuhan yang punya kehendak atas itu semua. Lo bisa berencana, tapi keputusan tetep ditangan Tuhan. Semuanya dipegang sama Dia. Gak akan ada yang pernah tau gimana kedepannya. Jadi, gue saranin, mulai sekarang, lo belajar bersyukur, sebelum semuanya terlambat. Sebelum lo nyesel apa yang udah lo lakuin di masa lalu. Oiya gue lupa, Tuhan gak akan pernah nguji umatnya kelewat dari batas kemampuan umatnya itu sendiri. Tuhan juga punya hati kali. Jadi, jangan nyerah gitu aja. Apalagi sampe milih buat... Akhirin hidup lo.

Bagi yang merasa dirinya blm bs bersyukur atas apa yang lo punya, mending lakuin itu sekarang. Gak nyambung lagi? Duh biarin deh ya, otak gue emg random bgt. Nih skrg aja gue jadi curcol gini kan.




Salam damai, cinta, dan gaul,
Syifa F.

No comments:

Post a Comment